Minggu, 04 Desember 2016

MEDITASI

Meditasi
Meditasi adalah teknik yang dipelajari untuk memusatkan perhatian yang
            memberikan perubahan keadaan kesadaran.
Meditasi terdiri atas pengulangan mantra, suara, kata, atau silabel.Pada beberapa bentuk meditasi, pusat perhatiannya adalah pada gambar, nyala api, atau bagian tertentu dari tubuh.
Dalam meditasi, keadaan sadar yang diinginkan dapat dicapai dengan melakukan upacara keagamaan atau latihan tertentu.

Setelah meditasi, orang melaporkan benar-benar merasa relaks. Mereka terkadang mengatakan jika mereka telah mendapatkan wawasan baru ke dalam diri mereka sendiri dan permasalahan yang mereka hadapi. Praktik jangka panjang dari meditasi bahkan dapat meningkatkan kesehatan karena perubahan biologis yang dihasilkan. Sebagai contoh, selama melakukan meditasi, penggunaan oksigen berkurang, jantung berdetak dengan cepat, aliran darah mengalir deras, dan gelombang amplitude pada otak berubah.
(Barnes et al., 2004; Lee, Kleinman, 2007; Travis et al., 2009)

Hasil gambar untuk meditasi


Bentuk Tradisional Meditasi
Terdiri dari dua teknik yang umum:
1. Meditasi terbuka (opening-up meditation); di mana subjek membersihkan pikirannya untuk menerima pengalaman baru
2.Meditasi konservatif di mana manfaatnya dapat diperoleh melalui mengikuti secara aktif beberapa benda, kata, atau ide. (Naranjo dan Ornstein, 1977).

Setiap orang dapat bermeditasi dengan prosedur yang sederhana. Gerakan dasar termasuk duduk di dalam ruangan yang tenang dengan mata tertutup, tarik nafas dalam-dalam dan teratur, dan mengulang kata-kata atau suara—seperti kata satu—berulang-ulang. Berlatihlah sebanyak 2 kali dalam sehari selama 20 menit, teknik ini memberikan rasa relaksasi.

(Aftanas & Golosheykin, 2005; Benson et al., 1994)

Berikut terdapat video tentang meditasi

 

Catatan Si Sofi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang